Cara Mengatasi Shalat Yang Tidak Khusyu Karena Alat Sholat

Cara Mengatasi Shalat Yang Tidak Khusyuk

Cara Mengatasi Shalat Yang Tidak KhusyukCara Mengatasi Shalat Yang Tidak Khusyu Karena Alat Sholat, Ada yang mengatakan, jika shalat khusyuk itu sulit dicapat. Rakaat satu dan dua masih bisa khusyuk, rakaat tiga mulai peka terhadap suara tv, rakaat 4 sudah siap sedia pergi di atas sejadah.

Penyebab tidak khusyuknya shalat, selain daripada tidak paham makna dari bacaan, adakalanya disebabkan oleh sejadah dan mukena yang tidak nyaman.

Karena badan keringetan, bahan mukena tidak nyaman, atau sajadah yang keras. Meski sebenarnya jika seseorang itu bisa mengendalikan dirinya untuk beribadah kepada Allah takan terhalang apapun, tapi alangkah baiknya untuk yang sulit khusyuk segeralah ganti alat shalatnya.

Semua itu akan dijelaskan pada beberapa tips agar mengurangi kemungkinan shalat tidak khusyuk akibat alat shalat.

1. Sajadah

Sajadah sangat berpengaruh terutama untuk pijakan kaki dan jidat. Pastikan sajadah memiliki bahan yang nyaman. Selain itu ketebalan sajadah pun biasanya mempengaruhi nyamannya jidat ketika bersujud.

2. Mukena

Ini sangat penting untuk wanita. Harusnya setiap mukena itu berbahankan lembut dan menyerap keringat. Pasalnya tak jarang bahan yang membuat gerah menjadi penyebab tak betah terlalu lama memakainya.

3. Sarung yang Nyaman, Bukan Sutra

Sarung ini, penting buat laki-laki untuk shalat. Bahan yang kasar pun akan membuat gatal, bisa-bisa sepanjang shalat sibuk garuk-garuk. Tapi tidak juga jangan sarung yang terlalu halus bahannya sehingga mudah melorot, apalagi bahan sutra. Sarung yang berbahan katun lebih nyaman digunakan untuk shalat.

4. Peci dan Sorban

Memakai peci dan sorban memanglah sunnah Rasulullah. Sunnah berarti jika dijalankan akan menambah pahala dan jika tidak dilakukan tidak membuat dosa. Tentunya, semua sunah bermanfaat.

Tapi, ada baiknya pilih peci dan sorban yang memungkinkan tidak mengganggu kekhusyuan shalat. Seperti peci yang tidak mudah jatuh.